Tak Satupun Yang Sia-Sia

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

Rasulullah saw telah memberikan kabar gembira pada kita kaum yang beriman tentang balasan atas amal kita dalam memudahkan urusan orang lain. Tidak terkecuali dalam hal pendidikan anak-anak kita di sekolah. Apabila kita hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak-anak kepada guru dan pihak sekolah, tampaknya hasil yang diperolehpun  kurang maksimal.

Banyak kisah yang memberikan bukti kepada kita, bahwa dengan keikutsertaan orang tua dalam berkontribusi tenaga, pikiran maupun dana akan memberikan dampak keberkahan bagi kehidupan keluarganya, khususnya anak-anak. Beberapa diantaranya ada yang memetik keberhasilan dalam akhlaq maupun kecerdasan kognitifnya. Ada pula yang bisa meraih cita-citanya mendapatkan keberkahan dalam rezeki dan amal-amal shalihnya.

Segala kontribusi kita dalam memudahkan urusan orang lain -dalam hal ini sekolah- yang terutama adalah diniatkan untuk mencapai ridha Allah. Bila niat dan caranya telah benar, maka in syaa Allah keberkahan dan pertolongan Allah akan datang dari arah yang tak terduga.

 

(Visited 23 times, 1 visits today)

Ratih Nur'aini Lathifah

Seorang ibu rumah tangga biasa yang punya cara menumpahkan ekspresi melalui tulisan. Buku pertamanya dicetak secara indie pada tahun 2010 dengan judul "Kasih Ibu Menembus Batas". Dua tahun kemudian memenangkan lomba Mother award yang diselenggarakan oleh Adfamilia atas naskah yang ditulis dengan judul sama. Bersama temannya menghasilkan 2 buku masing-masing buku parenting dengan judul "Ya Allah Jadikan Aku Sekolah Terbaik untuk Anakku" yang diterbitkan oleh Qutummedia dan buku " Serpihan Kenangan" yang diterbitkan oleh Quanta Elexmedia Computindo. Punya keinginan mencetak penulis-penulis cilik dengan mengisi Pelatihan Penulis anak-anak bersama salah seorang temannya di Sekolah Alam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.