Presentasi II

Presentasi menjadi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Misalnya saja, kebutuhan untuk mengenalkan diri kepada calon menantu agar dapat memahami dan pantas meminang anaknya. Demikina juga presentasi di dunia marketing menjadi syarat mutlak agar customer tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Kemampuan presentasi sudah mulai dilatih di sekolah dasar. Anak-anak belajar menyampaikan makalahnya kepada teman-temannya. Belajar menginformasikan dengan bahasa sederhana. Kemudian anak-anak lainnya merespon.

Untuk meningkatkan kemampuan presentasi maka perlu latihan dengan cara:

  1. Berlatih di depan cermin. Cermin tidak pernah bohong. Cermin akan menilai apa adanya. Cermin adalah refleksi dari penampilan, bahasa tubuh, dan semangat yang dimiliki . Melalui cermin seluruh prosesnya dapat direkam dengan sangat baik. Mencatat seluruh hal-hal yang perlu diperbaiki agar dapat menemukan penampilan terbaik.
  2. Berlatih di hadapan orang lain. Jika ingin mendapatkan penilaian yang maksimal perlu penampilan di hadapan orang lain. Orang yang mempunyai pengalaman presentasi sehingga dapat memberikan penilaian yang baik dan benar.
  3. Berlatih dengan alat perekam video. Merekam dengan perekam video dapat melihat secara kesuluruhan proses presentasinya. Hasilnya bisa dievaluasi dengan lengkap. Kalimat pembuka, isi, dan penutupnya. Demikian juga dengan sikap sewaktu presentasi.
  4. Berlatih berulang-ulang sampai dapat menyampaikan materi presentasi dengan natural. Ini akan membuat lebih nyaman dengan penampilan penuh percaya diri.

Berani mencoba?

(Visited 33 times, 1 visits today)

Kang Yudha

Menjadi guru Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1999. Telah berbagi materi-materi pendidikan di berbagai tempat: Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Sukabumi, Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi, Lombok, Wamena - Papua, (Keningau - Beaufort - Sipitang - Kundasan - Sandakan) Sabah, dan Melbourne. Sejak tahun 2013, mengelola kelas parenting Sekolah Alam Indonesia. Menjadi penggagas komunitas guru menulis (2009). Menjadi penulis sebelas buku yaitu Sekolah yang Membebaskan - Antologi cerita komunitas (Kawan Pustaka-2003), Berjuta Bintang di Langit Sekolahku - Antologi cerita kelas (Audi Grafika-2004), Misteri Bulan, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media-2006), Menyusuri Sungai, Belajar Sambil Bertuang (Wahyu Media-2006), Smart Games for Kids - (Wahyu Media-2007), Creative Games for Kids (Wahyu Media-2008), Harmony in Tenacity (SAI Publishing-2009), Character Building (ProU-2013), Belajar Menjadi Pemimpin (SAI Publishing-2015), Alam Terkembang Membawa Kisah (Media Guru-2016), Menggenggam Semangat Siswa Hebat (Kata Depan-2018). Saat ini juga juga aktif di lembaga Ikatan Guru Indonesia Wilayah Depok. Menjadi Editor Media Guru. Aktivitas lainnya, terlibat lembaga swadaya masyarakat MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.