Fokus-Berani-Tabah

Belajar dari pengalaman outdoor, kali ini mengusung tiga karakter kuat yang akan dilatih dan ditanamkan dalam diri setiap anak dan guru. Tiga karakter itu adalah fokus, berani, dan tabah.

Fokus yang dimaksud adalah untuk mencapai tujuan dan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Fokus berarti bisa mengumpulkan kekuatan yang tersebar untuk hanya terarah ke satu titik sehingga akan menghasilkan kekuatan yang lebih dahsyat. Seperti halnya dengan kaca pembesar yang menjadikan sinar matahari terkumpul di satu titik. Sinar matahari menjadi sangat panas dan mampu membakar benda yang disinarinya.

Berani yang dimaksud adalah berani karena benar. Berani menyuarakan kebaikan. Berani membela hak. Berani yang muncul dari hati. Jika ditilik dari asal katanya, keberanian berasal dari dalam dada. “Cor” dalam bahasa latin yang berarti jantung. “Corage” dalam bahasa Perancis yang berarti hati dan jiwa. Artinya untuk memiliki keberanian harus memiliki hati yang kuat untuk menghadapi ketakutan. Bisa juga berarti, berani menghadapi bahaya. Bisa juga berarti, menerima sakit yang diperlukan dalam membela kebenaran karena melindungi keluarga atau mencari mata pencaharian.

Tabah artinya tetap dan kuat hati menghadapi bahaya. Tabah menghadapi berbagai cobaan atau ujian atau kesulitan. http://kbbi.co.id.

Melalui kegiatan outdoor maka ketiga karakter fokus-berani-tabah dapat terpatri dalam diri setiap peserta baik anak-anak maupun guru-guru.

Semoga.

Kang Yudha

 

(Visited 35 times, 2 visits today)

Kang Yudha

Menjadi guru Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1999. Telah berbagi materi-materi pendidikan di berbagai tempat: Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Sukabumi, Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi, Lombok, Wamena - Papua, (Keningau - Beaufort - Sipitang - Kundasan - Sandakan) Sabah, dan Melbourne. Sejak tahun 2013, mengelola kelas parenting Sekolah Alam Indonesia. Menjadi penggagas komunitas guru menulis (2009). Menjadi penulis sebelas buku yaitu Sekolah yang Membebaskan - Antologi cerita komunitas (Kawan Pustaka-2003), Berjuta Bintang di Langit Sekolahku - Antologi cerita kelas (Audi Grafika-2004), Misteri Bulan, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media-2006), Menyusuri Sungai, Belajar Sambil Bertuang (Wahyu Media-2006), Smart Games for Kids - (Wahyu Media-2007), Creative Games for Kids (Wahyu Media-2008), Harmony in Tenacity (SAI Publishing-2009), Character Building (ProU-2013), Belajar Menjadi Pemimpin (SAI Publishing-2015), Alam Terkembang Membawa Kisah (Media Guru-2016), Menggenggam Semangat Siswa Hebat (Kata Depan-2018). Saat ini juga juga aktif di lembaga Ikatan Guru Indonesia Wilayah Depok. Menjadi Editor Media Guru. Aktivitas lainnya, terlibat lembaga swadaya masyarakat MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.