Belajar dari Rhenald Kasali

Beberapa bulan lalu saya sempat ‘mengundangkan diri’ mengikuti seminar Rhenald Kasali.

Sejak dilahirkan, manusia diberikan kendaraan yang kita sebut SELF. Hanya dengan self driving, manusia bisa mengembangkan semua potensinya dan mencapai sesuatu yang tak pernah terbayangkan. Sedangkan mentalitas passenger yang ditanam sejak kecil, hanya akan menghasilkan keluhan dan keterbatasan. Setidaknya kalimat itu yang masih melekat di kepala.

Mengubah diri adalah perjuangan. Pola yang dibawa dari pengasuhan masa kecil akan terbawa hingga dewasa. Seorang yang tidak mengenali karakter dirinya akan tersesat dalam kehidupannya. Rhenald Kasali membahasakannya dengan karakter driver dan passanger.

Pada kenyataannya dalam kehidupan seseorang akan menemukan kondisi-kondisi yang tidak diharapkan. Memilih. Menerima tantangan atau membiarkannya berlalu. Gagal dan berani mencoba lagi atau gagal saja. Berbeda lalu menjadi musuh atau berbeda dan merangkulnya untuk menumbuhkan keragaman.

Semuanya pilihan.

Mendidik anak-anak berani mengambil keputusannya sendiri. Tidak mudah. Seperti pertama kali menyapihnya dari menyusui. Ini membutuhkan kesiapan mental ibu yang berani menepiskan rasa kasihan karena rengekan anak tanpa harus melukainya lebih dalam.

(Visited 48 times, 14 visits today)

Kang Yudha

Menjadi guru Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1999. Telah berbagi materi-materi pendidikan di berbagai tempat: Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Sukabumi, Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi, Lombok, Wamena - Papua, (Keningau - Beaufort - Sipitang - Kundasan - Sandakan) Sabah, dan Melbourne. Sejak tahun 2013, mengelola kelas parenting Sekolah Alam Indonesia. Menjadi penggagas komunitas guru menulis (2009). Menjadi penulis sebelas buku yaitu Sekolah yang Membebaskan - Antologi cerita komunitas (Kawan Pustaka-2003), Berjuta Bintang di Langit Sekolahku - Antologi cerita kelas (Audi Grafika-2004), Misteri Bulan, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media-2006), Menyusuri Sungai, Belajar Sambil Bertuang (Wahyu Media-2006), Smart Games for Kids - (Wahyu Media-2007), Creative Games for Kids (Wahyu Media-2008), Harmony in Tenacity (SAI Publishing-2009), Character Building (ProU-2013), Belajar Menjadi Pemimpin (SAI Publishing-2015), Alam Terkembang Membawa Kisah (Media Guru-2016), Menggenggam Semangat Siswa Hebat (Kata Depan-2018). Saat ini juga juga aktif di lembaga Ikatan Guru Indonesia Wilayah Depok. Menjadi Editor Media Guru. Aktivitas lainnya, terlibat lembaga swadaya masyarakat MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik)

2 thoughts on “Belajar dari Rhenald Kasali

  • November 15, 2018 at 07:51
    Permalink

    Rumah perubahan ya.

    Reply
    • November 15, 2018 at 16:16
      Permalink

      Benar banget

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.