Belajar dari Kepala Sekolah

Menarik ketika kepala sekolah memungut sampah di halaman sekolah. Bukan karena ingin dinilai sebagai pemimpin yang perduli terhadap kebersihan namun sudah menjadi kebiasaan jika melihat sampah tergeletak berantakan maka nalurinya bersegera untuk mengambil dan membuangnya pada tong sampah terdekat. Hal ini sering membuat risih guru-guru atau orang tua yang berada di dekatnya. Menjadi salah tingkah manakala sedang berdua berjalan melintas halaman sekolah, tiba-tiba badannya merunduk dan tangannya sudah memunguti sampah-sampah yang sporadis di beberapa titik.

Ups, malunya. Jadi ikut memanen sampah juga akhirnya. Nih muka mau ditaruh di mana?

Begitulah Pak Ramdan kepala sekolah di Sekolah Alam Indonesia. Tidak betah melihat sesuatu yang berantakan. Sampah terutama.

Pelajaran menariknya adalah memberi contoh tanpa harus memerintah. Membuat guru-guru, orang tua juga melakukan tindakan yang sama. Anak-anak? Berproses tentunya. Sekali instruksi? Pasti tidak. Perlu pengulangan berkali-kali. Dan itu menguji kekonsistensian guru kelas, guru, dan orang-orang dewasa di sekitarnya.

Pelajarannya, jangan pernah merasa gagal sebelum diupayakan berkali-kali dan tentunya memberi contoh nyata.

Percaya deh.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Kang Yudha

Menjadi guru Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 1999. Telah berbagi materi-materi pendidikan di berbagai tempat: Medan, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Sukabumi, Jakarta - Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi, Lombok, Wamena - Papua, (Keningau - Beaufort - Sipitang - Kundasan - Sandakan) Sabah, dan Melbourne. Sejak tahun 2013, mengelola kelas parenting Sekolah Alam Indonesia. Menjadi penggagas komunitas guru menulis (2009). Menjadi penulis sebelas buku yaitu Sekolah yang Membebaskan - Antologi cerita komunitas (Kawan Pustaka-2003), Berjuta Bintang di Langit Sekolahku - Antologi cerita kelas (Audi Grafika-2004), Misteri Bulan, Belajar Sambil Bertualang (Wahyu Media-2006), Menyusuri Sungai, Belajar Sambil Bertuang (Wahyu Media-2006), Smart Games for Kids - (Wahyu Media-2007), Creative Games for Kids (Wahyu Media-2008), Harmony in Tenacity (SAI Publishing-2009), Character Building (ProU-2013), Belajar Menjadi Pemimpin (SAI Publishing-2015), Alam Terkembang Membawa Kisah (Media Guru-2016), Menggenggam Semangat Siswa Hebat (Kata Depan-2018). Saat ini juga juga aktif di lembaga Ikatan Guru Indonesia Wilayah Depok. Menjadi Editor Media Guru. Aktivitas lainnya, terlibat lembaga swadaya masyarakat MPPO (Masyarakat Peduli Petani Organik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.